Halaqah yang ke-9 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Fadhlul Islām yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahāb rahimahullāh.
Beliau mengatakan
وفيه أيضا،
Dan di dalamnya juga jika kita melihat – وفيه – dan di dalamnya, ucapan ini seakan² dia juga berada di dalam shahih al Bukhari karena hadits yang sebelumnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh al Imam al Bukhari, kalau yang dimaksudkan – وفيه – disini adalah dan di dalam shahih Bukhari juga maka Allāhua’lam ini adalah mungkin lupa atau salah di dalam menempatkan, karena kalau kita melihat ternyata diriwayatkan oleh al Imam Muslim, ini jika yang dimaksud adalah Shahih Bukhari tapi jika yang dimaksud oleh beliau adalah maksudnya di dalam hadits yang shahih maka benar, tapi jika kita melihat akhirnya akhrojahul Bukhari menunjukan bahwasanya beliau memasukkan disini adalah shahih Bukhori. Allāhua’lam bahwasanya hadits ini yang benar diriwayatkan oleh Imam Muslim, bukan diriwayatkan oleh al Imam Bukhari.
عن أبي هُرَيرَة رَضِيَ اللهُ عنه، عنِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: ((أضلَّ اللهُ عنِ الجُمُعة مَن كان قَبْلَنا،
Itu maksud dari – أضلَّ اللهُ – Allāh ﷻ ingin memberikan hari Jumat ini kepada orang² yang paling Allāh ﷻ cintai yaitu kaum Muslimin, Allāh ﷻ sesatkan orang² sebelum kita untuk mendapatkan hari Jum’at ini sebagai hari Raya.
فكانَ لليهودِ يومُ السَّبت،
وكان للنَّصارى يومُ الأحد،
Adapun orang² Nashrani menjadikan hari Ahad sebagai hari yang utama bagi mereka karena dianggap itu adalah hari yang pertama, jadi menurut mereka yang pertama itulah yang paling utama, hari pertama dalam satu pekan adalah hari Ahad, makanya dinamakan al Ahad karena dia yang pertama, yaumul Isnain hari yang kedua , yaumul tsalasa hari yang ketiga, yaumul arbi’a hari yang keempat, yaumul khomis dari kata al khomis yaitu hari kamis hari kelima.
Maka itulah keadaan orang Yahudi & Nashrani menganggap itu adalah hari yang mulia menurut mereka
فجاءَ اللهُ بنا فهَدَانا ليومِ الجُمُعة،
Kemudian Allāh ﷻ mendatangkan kita(mendatangkan orang²) Islām, diutus Nabi Muhammad ﷺ dan masuklah kedalam Islām orang yang masuk kedalam agama Islām) kemudian Allāh ﷻ menunjukan kita kepada hari Jumat ini
Ditunjukan kita bahwasanya hari yang paling mulia adalah hari Jum’at, dalam sebuah Hadith Nabi ﷺ mengatakan
إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، …
Sesungguhnya termasuk hari-hari kalian yang paling afdhol adalah hari Jum’at
Dan beliau juga mengatakan
إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الأَيَّامِ ، وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللَّهِ
Sesungguhnya Hari Jumat ini adalah pemukanya hari² yang dikedepankan yang diutamakan diantara hari² dan dia adalah hari² yang paling besar disisi Allāh ﷻ
Ini yang mengabarkan Rasulullah ﷺ, siapa yang mengabarkan kepada Rasul? Allāh, – عِنْدَ اللَّهِ – disisi Allāh ﷻ hari yang paling besar yang diutamakan adalah hari Jum’at.
Allāh ﷻ beritahukan ini kepada kita umat Islām dan diantara kejadian² besar dihari tersebut bahwasanya dihari tersebut Allāh ﷻ ciptakan Adam dan dihari tersebut Allāh ﷻ turunkan Adam kebumi, dan di hari tersebut mewafatkan Adam & di dalamnya (yaitu di Hari Jumat) ada satu waktu barangsiapa yang meminta kepada Allāh ﷻ di waktu tersebut maka Allāh ﷻ mengabulkan kepadanya & dihari tersebut juga akan terjadi Assa’ah.
Menunjukan tentang kejadian² besar yang terjadi dihari tersebut & Allāh ﷻ menjadikan hari Jum’at sebagai sayyidul ayyam yaitu hari yang paling mulia/utama.
فجَعَل الجُمُعة والسَّبتَ والأَحَد، وكذلك هم تبعٌ لنا يومَ القيامَةِ،
Dan demikianlah mereka ini (orang² Yahudi & orang² Nashrani) mereka akan dibelakang kita, kita diberikan & ditunjukan oleh Allāh ﷻ kepada hari yang paling mulia sementara orang² Yahudi & orang² Nashrani mereka tidak diberikan yang demikian menunjukan tentang keutamaan umat Islām dibanding orang² Yahudi & Nashrani, berarti menunjukan bahwasanya umat Islām mereka adalah lebih utama daripada orang² Yahudi & Nashrani, lebih utama daripada umat² sebelum kita lebih utama daripada pengikutnya Nabi Musa & lebih utama daripada pengikutnya Nabi Isa alaihisalam.
Maka demikianpula mereka di Hari Kiamat juga berada dibelakang kita maksudnya adalah mengikui kita maksudnya adalah dibawah kita.
نحنُ الآخِرونَ من أهلِ الدُّنيا،
Kita ini adalah orang² yang akhir diantara penduduk dunia karena Nabi kita adalah Nabi yang terakhir tidak ada Nabi setelah beliau ﷺ maka kita adalah umat yang paling terakhir karena Nabi kita Nabi yang terakhir tidak ada lagi Nabi setelah Beliau sehingga tidak ada lagi umat setelah kita
والأَوَّلونَ يومَ القِيامَةِ،
Dan kita adalah orang yang paling awal dihari kiamat
Orang yang paling awal maksudnya adalah orang yang paling awal masuk kedalam surga di hari Kiamat, bisa juga & tidak ada pertentangan di dalamnya bukan hanya – الأَوَّلونَ يومَ القِيام – di dalam masuk kedalam Surga, tapi kita adalah orang yang pertama di hisab diantara makhluk, sebagaimana di dalam riwayat
والأَوَّلونَ يومَ القِيام المقضيُّ لهم قبلَ الخلائقِ
Jadi kita yang terakhir diantara penduduk dunia tapi kita yang pertama kali di Hisab.
Di dalam hadits yang lain
نحن الآخرون الْأولون يوم القيامة، ونحن أوّل من يدخل الجنة
Kita adalah orang² yang terakhir (maksudnya di dunia)
الْأولون يوم القيامة
Kita yang pertama² dihari Kiamat
ونحن أوّل من يدخل الجنة
dan kita adalah orang yang pertama kali masuk kedalam Surga
Berarti – الْأولون – tadi bisa maknanya yang pertama yang di hisab & maknanya yang pertama kali masuk kedalam surga & tidak ada pertentangan diantara keduanya, Allāh ﷻ utamakan kita dengan berbagai keutamaan.
Maka ini menunjukan tentang Islam yang dibawa oleh Rasulullah ﷺ , mereka bisa demikian disebabkan karena memeluk agama Islām. Jadi Islām yang dibawa Nabi ﷺ maka mereka mendapatkan keutamaan tersebut.
Keutamaan orang² Islām yang disebutkan dalam hadits ini disebabkan oleh keutamaan Islām yang mereka peluk & ini menunjukan tentang keutamaan Islām.
Oleh karena itu didatangkan oleh beliau hadith ini di dalam bab ini, karena dia menunjukan tentang keutamaan Islām.
Dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.